Connect with us

Hi, what are you looking for?

Newest Indonesia

Finance

Bank BNI Terapkan Tiga Aspek Untuk Dorong UMKM Bersaing Di Pasar Global

Foto ilustrasi UMKM oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI. (ANTARA/HO-BNI)

Newestindonesia.co.id, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengintegrasikan tiga aspek dalam strategi mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bersaing di kancah global.

Ketiga aspek itu di antaranya UMKM ekspor dan diaspora, digital value chain, dan ekosistem unggulan.

“Melalui strategi ini, mitra UMKM BNI dapat naik kelas dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional secara lebih luas,” kata Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Aspek UMKM ekspor dan diaspora dilakukan melalui program pemberdayaan UMKM siap ekspor agar bersaing di kancah global melalui Platform BNI Xpora.

Platform tersebut membantu pengembangan bisnis UMKM lebih luas ke pasar internasional dengan menjembatani eksportir dan importir melalui business matching dan membuat transaksi perbankan berjalan lancar.

“Langkah strategis ini didukung juga oleh kekuatan jaringan kantor cabang luar negeri kami yang tersebar di 9 titik strategis pusat keuangan dunia sehingga memberikan kemudahan akses pendanaan dan transaksi kepada para UMKM ekspor dan diaspora,” jelas Okki.

Aspek digital value chain merupakan upaya BNI memberikan kemudahan bagi turunan bisnis nasabah korporasi dan mitra kerja BNI berupa akses pendanaan melalui skema value chain berbasis digital.

Melalui platform BNI Financial Supply Chain Management (FSCM), misalnya, BNI dapat memenuhi kebutuhan pembiayaan atas transaksi jual beli mitra kerja nasabah korporasi serta mengoptimalkan modal kerja dan pengaturan cashflow bagi korporasi yang bekerjasama dengan partner bisnis UMKM.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sedangkan untuk aspek ekosistem unggulan, BNI mendorong pembentukan ekosistem unggulan pada masing-masing area layanan BNI dengan melihat besarnya potensi dari segmen UMKM.

“Kami melakukan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Komersial yang berfokus kepada sektor berisiko rendah,” ujar Okki.

Okki menyatakan BNI mendukung terbentuknya ekosistem UMKM Go Global melalui Xpora. Selain itu, digitalisasi transaksi keuangan UMKM juga dilakukan melalui kerjasama dengan startup untuk pencatatan keuangan serta kolaborasi akses pemasaran secara online melalui e-commerce.

Sebagai catatan, BNI mencatat penyaluran kredit ke segmen kecil sebesar Rp73,7 triliun dan segmen bisnis menengah mencapai Rp96,5 triliun hingga Maret 2025.

Editor: DAW

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Artikel Pilihan

Finance

Newestindonesia.co.id, Tren penguatan rupiah terus berlanjut dan hari ini nilai tukar rupiah menguat sebesar 43 poin atau 0,27 persen terhadap dolar AS. Dilansir Antara,...

International

Newestindonesia.co.id, Hamas mengecam keras pernyataan anggota Kongres AS Randy Fine yang menyerukan penggunaan bom nuklir di Jalur Gaza. Kelompok perlawanan Palestina tersebut menyebut pernyataan...

National

Newestindonesia.co.id, Polda Metro Jaya menyebutkan proses penyelidikan terhadap laporan polisi tentang kasus tuduhan ijazah palsu Presiden ke-7 RI, Joko Widodo (Jokowi) masih berjalan. “Laporan...

Music

Newestindonesia.co.id, Yoni Dores adalah seorang komposer dan pencipta lagu asal Indonesia yang dikenal sebagai adik kandung dari mendiang Deddy Dores, musisi legendaris yang pernah...